BIMTEK PENGISIAN DATA SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SAMPAH NASIONAL (SIPSN)

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bima yang diwakili oleh Pejabat Pengelola Penataan Sampah Kota Bima Nasiratun Nissa, A.Md.T menghadiri Bimtek Pengisian Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) yang diadakan di Ruang Rapat Dinas LHK Provinsi NTB kamis, 19 Januari 2023., Bimtek peningkatan angka pengurangan sampah ini diadakan oleh DLHK provinsi  NTB. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pengurangan Sampah KLHK , Direktur Penanganan Sampah KLHK, Kepala P3E Bali Nusa Tenggara, Bappeda NTB dan Dinas LH kota/kab se NTB. Acara ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan sampah oleh pemerintah dan pemerintah daerah, serta mendorong keikutsertaan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Sistem Indormasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) merupakan sistem pengumpulan data yang bersumber dari beberapa data dasar yang terintegrasi menjadi sebuah kumpulan informasi pengelolaan sampah sesuai dengan Peraturan Menteri LHK Nomor 6 Tahun 2022. Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan bagaimana cara mengisi data pengelolaan sampah di platform SIPSN. Adapun data yang diinput meliputi : sumber sampah, timbulan sampah, komposisi sampah , karakteristik sampah, fasilitas pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga serta informasi lain yang terkait dengan pengelolaan sampah.

"Dengan adanya sistem ini , diharapkan dapat menjadi platform data pengelolaan sampah yang mudah diakses publik secara cepat, akurat dan efisien ". Tutur Fazri Putrantomo, S.Pi. M.Si